A.R.U.M.I

Augmented Reality Mobile App

Headline Post
Animation Label of Insfire

Animation

Start the Creativity

About Animation, CGI, Motion Design, etc
Software, Something about Future with Technology

IT

Make it easy, Make it Better

Programming Language, about Information Technology
Future Music with Technology

VSTi

Speak with Sound

Virtual Studio Technology, Making Future Music
Kevin Remix, Mashup 2D Short Animation The Campus Bumper TV Motion Commercial 3D Bumper of Property Company 3D Snow Bumper 3D Cube Glowing Intro PCMI Kepri Bumper

D'Green City Full Video

TV Commercial Motion Video

D'Green City Full Video Watch

Saturday, January 21, 2017

Pemanfaatan Augmented Reality pada Periklanan Koran dengan Menggunakan Vuforia Cloud Recognition dan Format Video Berbasis Android



Jasa periklanan pada koran merupakan jasa promosi yang berkembang pesat di seluruh kota, namun media yang digunakan pemasangan iklan tersebut hanya menampilkan gambar berupa desain grafis 2D. Peningkatan inovasi dan kreativitas sangat dibutuhkan agar iklan grafis ini terlihat lebih menarik dan menambah manfaat bagi pembaca. Inovasi baru yang dapat diterapkan pada koran khususnya pada iklan yaitu penerapan teknologi Augmented Reality. Penggabungan teknologi smartphone dengan Augmented Reality menggunakan metode marker-based sangat memungkinkan menghasilkan konten iklan yang lebih menarik dengan iklan bergerak (motion), sehingga pada smartphone akan menghadirkan video, mengikuti marker yang tertera pada iklan grafis koran. 

Penelitian Augmented Reality ini menggunakan Vuforia SDK dengan penggabungan paket Cloud Recognition serta paket Video Playback diharapkan video atau konten dapat diunggah dan ditampilkan secara dinamis dan pendeteksiannya dilakukan secara online.

Adapun tahapan perancangan ini meliputi tahap analisa kebutuhan, tahap konsep, tahap implementasi (desain interface, desain marker, desain iklan motion), tahap skenario, tahap rendering dan ujicoba. Implementasi aplikasi ini menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C#, Adobe Dreamweaver dengan bahasa pemrograman PHP, Adobe After Effects & Adobe Premiere untuk motion graphic dan Corel Draw untuk pembuatan marker dan desain grafis iklan. Hasil yang diperoleh adalah terbentuknya aplikasi mobile Augmented Reality berbasis Android yang dapat menampilkan video dinamis untuk diimplementasikan pada periklanan koran.

Kata Kunci : Augmented Reality, Iklan, Koran, Vuforia, Cloud Recognition.

Video demo aplikasi :


Berikut jurnal penelitiannya.

No comments:

Post a Comment

Please comment if there's any broken link. And I'll fix it immediately.

Best Regards,
Kevin Perdana

© Kevin Perdana 2012-2018. Designed by Kevin Perdana